Jumat, 15 Juni 2012

Cara Menghindari Blog dari Copas (Copy-Paste)

Pernahkah agan kesal dan marah ketika berkunjung ke blog orang, eh kita nemu artikel asli tulisan tangan kita, yang susah payah kita tulis itu artikel, malah dicopas (disalin dan dijiplak) di blog orang tersebut. Kalau si copaser ngasih link kita sebagai sumber sih, lumayan. Tapi ini nggak, seakan-akan tulisan kita yang dicopy paste-nya adalah milik dia dan hasil buah karyanya sendiri. Gimana gak bikin kesal coba!


Nah, untuk menanggulangi agar kejadian copy paste yang tidak "beretika" seperti di atas terjadi, berikut ini script untuk mencegah copas (copy-paste) artikel di blog kita agar tidak bisa disalin (dicopy) ke blog orang yang meng-copas. Silahkan copy kan script di bawah ini!



<SCRIPT type='text/javascript'>


if (typeof document.onselectstart!=&quot;undefined&quot;) {
document.onselectstart=new Function (&quot;return false&quot;);
}
else{
document.onmousedown=new Function (&quot;return false&quot;);
document.onmouseup=new Function (&quot;return true&quot;);
}
</SCRIPT>


Taruh script ANTI COPAS di atas tepat di bawah <head> pada menu Edit Rancangan>Edit HTML (kalo susah mencarinya dengan cara manual, gunakan CTRL+F, terus ketikan di pencarian kata pada pengaturan elemen templete anda).

Kalau sudah ketemu, paste Script tersebut tepat di bawah <head>. Kemudian Save.

Nah, sekarang coba lihat blog Anda. Coba anda sorot (blok) artikel tulisan Anda! Kalau langkah di atas dilakukan dengan benar, seharusnya anda tidak bisa mengcopy artikel tadi..

Selamat mencoba....


0 komentar:

Posting Komentar